19 Februari 2011

Armor of God

Ef 6:13 :"Sebab itu ambillah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat mengadakan perlawanan pada waktu yang jahat itu dan tetap berdiri, sesudah kamu menyelesaikan segala sesuatu."

Dalam Efesus 6:14-18 disebutkan seluruh perlengkapan senjata Allah yaitu :
1. ikat pinggang kebenaran
2. baju zirah keadilan
3. kasut kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera
4. perisai iman
5. ketopong keselamatan
6. pedang Roh yaitu Firman Allah
Tuhan memerintahkan agar kita mengkondisikan diri kita lebih dahulu untuk memakai segala perlengkapan senjata Allah.
Yang pertama berdirilah tegap ( ayat 14 ), ini berarti persiapan mengenai diri kita, persiapkan hati dan tujukan mata kita kepada Tuhan Allah untuk menerima kebenaran, keadilan dan damai sejahteraNya. Jika kita terduduk dengan muka ke bawah, tertunduk kalah, tersungkur menyerah dalam kebimbangan/kebingungan, maka bagaimanakah kebenaran, keadilan dan damai sejahtera Allah dapat hadir di dalam hati kita?
Kondisi kedua yang Tuhan perintahkan adalah dalam segala keadaan ( ayat 16) gunakanlah 3 senjata yang terakhir ( iman, keselamatan dan Firman Allah).
Jika tadi kita berada dalam keadaan persiapan, maka situasi berikutnya kita telah memasuki kawasan peperangan ! Dalam segala keadaan di kawasan ini kita wajib menangkis panah-panah api si jahat dengan perisai iman kita bahwa segala kuasa dan pemerintahan telah ditundukkan dibawah kaki Kristus Yesus dan Dia telah melimpahkan kewenanganNya ( exousia) kepada kita; dan senantiasa berlindung dibalik keselamatan yang telah diberikan oleh Kristus Yesus kepada kita.
Dan yang paling akhir kita diminta oleh Tuhan tidak hanya berada dalam kondisi bertahan dan diserang; namun untuk senantiasa menggunakan pedang Roh yaitu Firman Allah dalam segala doa dan permohonan kita, pergunakan wewenang yang diberikan oleh Tuhan Yesus Kristus untuk menghancurkan kuasa si jahat yaitu kuasanya yang membutakan mata hati dan menahan orang untuk menerima anugerah/karunia keselamatan dari Allah, kuasanya yang membelenggu orang untuk bertobat, kuasanya yang membujuk kita agar hidup menuruti daging /nafsu.
Tugas kitalah sebagai Tubuh Kristus untuk mematahkan dan menghancurkan kuasa si jahat di muka bumi ini !

Bapa di sorga FirmanMu hari ini menyadarkan kami agar kami menjadi aktif dalam medan peperangan, menyadarkan kami sebagai anggota Tubuh Kristus tidak sekedar hanya bertahan terhadap serangan panah api si jahat. Bapa di sorga kami akan menggunakan wewenang yang telah diberikan kepada kami untuk menginjak ular dan kalajengking; kami akan mematahkan dan menghancurkan benteng-benteng yang dibuat oleh si jahat untuk membelenggu orang-orang pilihanMu. Dalam nama Tuhan Yesus Kristus kami menngambil seluruh perlengkapan senajata Allah dan kami akan menggunakannya. Amin.