14 Februari 2011

Happy valentine day !

Ef 6:10,11 :"Akhirnya hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasaNya. Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat iblis."

Mungkin timbul kejanggalan dalam hati kita saat membaca Firman Tuhan di atas dengan temanya Valentine's Day yang pada jaman ini diartikan sebagai Hari Kasih Sayang.
Sejarah dari hari valentine dimulai dari seorang suci bernama Saint Valentine ( tercatat dalam sejarah Roma Katolik ada 2 nama yaitu Valentine of Rome ( 269 AD) dan Valentine of Terni (197AD).
Dalam Legenda Aurea diceritakan pada waktu itu St Valentine diinterogasi oleh Kaisar Romawi Claudius II, dan oleh Kaisar ditawarkan keselamatan jiwanya apabila St Valentine mau mempercayai "Roman paganism"/"agama" (berhala- berhala) Romawi, namun St Valentine menolaknya , Dia tetap memilih beriman kepada Tuhan Yesus Kristus; sehingga akhirnya ia dihukum mati pada tanggal 14 Februari dan dikenal sebagai martir bagi Tuhan. Oleh karena itu dalam Ensiklopedia Catholic hari itu dikenal sebagai Hari Martir.
Namun oleh tradisi Romawi kuno hari itu juga dikenal sebagai Hari perayaan pagan/berhala Lupercalia diperingati sebagai Hari Fertilitas/Kesuburan, dan berkembang menjadi hari mengekspresikan cinta kasih.
Akhirnya peringatan tersebut sampai saat ini berkembang dengan simbol hati, merpati, cupid dan catatan/surat cinta.

Jika menilik sejarah St Valentine maka Firman Tuhan menjadi peringatan bagi kita betapa sang iblis berupaya keras untuk menyesatkan kita, menipu kita dengan menonjolkan cinta "eros" lebih daripada cinta "agape".
Hari kasih sayang bukan berarti kita dengan bebas dapat mengekspresikan "rasa cinta" kita terhadap pasangan kita; ini peringatan keras untuk pasangan yang belum menikah, janganlah tergoda untuk melakukan hubungan suami isteri sebelum waktunya! Tetap jagalah kemurnian diri kita.

Tuhan menghendaki agar pada Hari Valentine ini kita waspada untuk senantiasa mengenakan seluruh perlengkapan senjata Allah ( baca Ef 6 :14-18 ) dan ingatlah bahwa Tuhan Allah telah memberikan wewenang kepada kita melalui Yesus Kristus yaitu kuasa untuk mematahkan dan mengalahkan kuasa maut.
Marilah kita gunakan wewenang kita untuk menolak setiap tipu daya iblis yang hendak menghancurkan kemurnian diri kita, menyesatkan dan meruntuhkan iman kita, melemahkan kita dalam setiap aspek kehidupan kita.
Hari Valentine adalah Hari peringatan untuk menguji kadar iman percaya kita kepada Tuhan kita Yesus Kristus yang telah mati bagi dosa-dosa kita dan bangkit bagi keselamatan diri kita.
Saint Valentine telah berhasil mempertahankan imannya, siapkah kita meneladaninya?

Bapa di sorga kami mau mengakui kelemahan daging kami di hadapanMu, keinginan daging yang acapkali ditunggangi oleh si jahat berjuang keras untuk menghancurkan kemurnian kami, melemahkan iman kami, mematahkan semangat kami untuk melayaniMu; namun pada hari ini Bapa kami mau dan memohon kepadaMu agar Engkau me"recharge" roh kami dengan kuat kuasa Roh kudus, agar kami kuat di dalam Tuhan. Hari ini kami mau menilik dan mengoreksi sejauh mana iman kami kepadaMu; seberapa kerelaan kami mengikut dan melayaniMu.
Dalam nama Tuhan Yesus Kristus kami memohon doa ini dan bersyukur untuk kasih setiaMu. Amin.