23 Mei 2011

Batu sandungan

Rom 14:17,18 :"Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan suka cita oleh Roh Kudus. Karena barangsiapa melayani Kristus dengan cara ini, ia berkenan pada Allah dan dihormati manusia."

Hidup oleh Roh adalah kehidupan yang selalu mencari kebenaran, damai sejahtera dan suka cita; bukan memfokuskan diri pada hal-hal jasmaniah atau hal-hal yang berhubungan dengan daging dan hawa nafsu kita ( makanan, minuman, cara berpakaian, cara beribadah, sunat, menguduskan hari tertentu dan lain-lain ).
Jadi apabila diantara "saudara" kita ada yang mempertentangkan masalah-masalah itu baiklah kita sebagai orang yan disebut oleh rasul Paulus "yang kuat imannya" tetap menerima mereka "yang lemah imannya" tanpa mempercakapkan pendapatnya ( Rom 14:1).
Janganlah tergiur untuk menghakimi saudara kita tersebut, melainkan marilah kita sesuai Firman Tuhan mengejar apa yang berguna untuk saling membangun dan yang mendatangkan damai sejahtera.

Menjadi batu sandungan adalah menjadi orang-orang yang menghakimi, menghina, mencerca dan memfitnah terhadap iman kepercayaan orang lain/saudara kita; yang akan mengakibatkan perselisihan, perpecahan dan ketawaran hati.
Sekali lagi marilah kita jaga tutur kata, sikap kita agar senantiasa mencerminkan kasih Tuhan pada saudara-saudara kita, dan agar senantiasa kita mengusahakan persatuan dan damai sejahtera dalam hidup persekutuan kita.

Allah Bapa, yang adalah sumber ketekunan dan penghiburan, karuniakanlah kerukunan kepada kami, sesuai dengan kehendak Kristus Yesus, sehingga dengan satu hati dan satu suara kami memuliakan Engkau ya Allah dan Bapa kami Tuhan Yesus Kristus.
Allah Bapa, Engkau sumber pengharapan, penuhilah kami dengan segala sukacita dan damai sejahtera dalam iman kami, supaya oleh kekuatan Roh Kudus kami berlimpah-limpah dalam pengharapan.
Semua kemuliaan hanya untukMu TUHAN ! Amin.