21 Mei 2011

Karakteristik Setan

Yoh 8:44 :"Iblislah yang menjadi bapamu, dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu, ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri. Sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta."

Umat Tuhan hidup dalam kekalahan karena banyak di antara mereka tidak memahami bagaimana setan bekerja. Mereka tidak memahami karakteristik musuhnya.
Oleh karena itu ketika kita melihat pekerjaan musuh ...penyakit, kesakitan, dosa, kekerasan, penyelewengan seksual... kita cenderung membungkusnya dengan suatu bungkus teologis atau psikologis yang indah dan menyebutnya sebagai sesuatu yang lain, yang bukan merupakan karya setan.
Mari kita belajar dari Tuhan Yesus tentang apa yang Dia ketahui tentang karakteristik setan.
  1. Yesus tahu setan adalah pendusta!
    Oleh karena itu kita jangan sampai terintimidasi oleh dusta-dusta yang dilancarkan oleh setan untuk meruntuhkan iman kita terhadap Tuhan dan FirmanNya ( janji-janjiNya).
  2. Yesus tahu setan adalah pembunuh!
    Banyak kisah dimana setan mengikat dan mencengkeram manusia dengan sakit penyakit hingga manusia itu binasa, namun Yesus menelanjangi dan mematahkan pekerjaan setan ( Contohnya : Luk 13:11-13, Mark 9:20-25 ).
  3. Yesus tahu setan adalah pencoba!
    Bacalah Luk 4:1-13 pencobaan akbar yang dilakukan oleh setan kepada Yesus sebagai manusia 100%. Ingatlah selalu Yesus menang ! Andapun dapat melakukan dan memperoleh kemenangan seperti yang Dia teladankan.
    Ingatlah bahwa setan selalu menawarkan daya tarik dan kenikmatan/keindahan dunia, ia selalu mencoba membuat kita sedemikian mengasihi dunia sehingga hati dan kesetiaan kita tidak lagi terpusat kepada Tuhan.
    jangan mencoba mengalahkan pencobaan itu dengan kekuatan kita sendiri, pasti kita akan jatuh ( Ingatlah peringatan Paulus dalam 1 Kor 10:12).
  4. Yesus tahu setan adalah penipu!
    Kekuatan setan yang terbesar dan terhebat adalah kemampuannya untuk menipu. Inngatlah kisah penipuan akbar yang terjadi di taman Eden ( Kej 3) dan bahwa pada masa sekarang iapun menyamar sebagai malaikat terang ( 2 Kor 11:14-15). Ia membungkus dosa seperti suatu hadiah yang indah dan memberikannya kepada kita; semuanya kelihatannya tidak ada yang salah...tetapi jika kita mengambilnya kita akan terjerat dalam tipuannya.
Bapa disorga kami sungguh berterima kasih atas anugerahMu kepada kami, kasihMu yang berlimpah yang menganugerahkan Tuhan Yesus kepada kami, agar kami beroleh kemenangan melaluiNya. Kami bersyukur atas kemenangan yang luar biasa dari Tuhan Yesus atas kuasa dosa yaitu maut; kini kami boleh bersuka cita atas keselamatan dan kekekalan serta kemuliaan yang kami terima dengan iman kami ! Haleluayah ! Perlengkapilah kami dari hari ke hari dengan kuasaMu, dengan perlengkapan rohani sehingga kami sanggup mematahkan, menghancurkan dan mengalahkan benteng-benteng dan kuasa-kuasa setan yang senantiasa berusah untuk membunuh orang-orang pilihanMu. Demi nama Yesus Kristus kami berdoa dan bersyukur. Amin.