22 Mei 2011

Angel of Light ?

2Kor11:14-15 :"Hal itu tidak usah mengherankan, sebab iblispun menyamar sebagai malaikat terang, Jadi bukanlah suatu hal yang ganjil, jika pelayan-pelayannya menyamar sebagai pelayan-pelayan kebenaran."

Kemarin kita belajar mengenali Karakteristik musuh kita yaitu setan/iblis. Dan kita telah mengetahui bahwa kemampuannya yang paling dahsyat yaitu menipu.
Saat ini setanpun menyamar sebagai malaikat terang, ia melepaskan roh-roh penyesat (1 Tim 4:1) untuk menyerang pikiran umat Tuhan; roh-roh itu dan ajaran-ajaran setan mencoba mengecilkan arti dan konsekuensi dosa dan sebaliknya pada orang yang telah menyadari konsekuensinya, mereka mencoba terus menerus untuk meyakinkan bahwa umat pilihan Tuhan tidak dapat hidup mengatasi dosa.
Melalui pelayan-pelayannya setan yang menyamar sebagai malaikat terang ini menyebarkan pengajaran-pengajaran, doktrin-doktrin yang memutar-balikkan firman Tuhan dan mencampurkannya dengan doktrin yang salah dan kebenaran yang setengah-setengah !

Berikut ini pedoman yang harus kita pakai untuk menguji apakah suatu doktrin, pengajaran berasal dari Tuhan atau dari setan yang menyesatkan; jika ada suatu doktrin, pengajaran yang meragukan maka bertanyalah kepada diri sendiri :
  • Apakah hal itu berlawanan dengan Firman Tuhan?
  • Apakah ayat-ayat pendukungnya diambil keluar dari konteks?
  • Apakah pengajaran ini membuat saya lebih dekat pada Tuhan atau lebih dekat dengan dunia?
  • Apakah pengajaran ini meninggikan diri sendiri atau Tuhan?
  • Apakah buah-buah yang diwujudkan dalam hidup guru atau nabi yang mengajarakannya?
  • Apakah kita merasa bingung? Apakah pikiran kita penuh dengan pertanyaan? Apakah kita merasa damai sejahtera dan penuh keyakinan?
Bapa disorga berikanlah hikmat kepada kami dalam menyelami FirmanMu yang adalah segala-galanya bagi kami; agar kami diperbaharui dari hari ke hari pengenalan kami kepadaMu. Roh Kudus kami mohon dalam nama Yesus Kristus berikanlah kepada kami karuniaMu untuk dapat membedakan bermacam-macam roh pada saat kami menerima pengajaran atau doktrin yang meragukan kami. Amin.