10 April 2011

Komunikasi yang intim

Ef 4:29 :"Janganlah ada perkataan kotor yang keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, dimana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia."

Penerapan Firman Tuhan ini sangat penting dalam hal hubungan suami isteri.
Tujuan pernikahan adalah untuk melayani pasangan kita, bukan untuk memanipulasi pasangan agar kebutuhan kita terpenuhi.
Apakah kebutuhan pokok dari seorang isteri ? Komunikasi, ya komunikasi yang intim adalah kebutuhan dasar seorang isteri, seorang isteri butuh agar kita mengkomunikasikan apa-apa yang menjadi isi hati kita dan apa-apa yang penting bagi kita.
Memang susah bagi yang tidak terbiasa, namun hal ini sangat penting untuk berbagi pikiran dan perasaan demi membangun kesatuan dan hubungan yang intim dengan pasangan kita.
David Glenn dalam bukunya Wisdom for Fathers memberikan kiat untuk komunikasi yang lebih baik dengan isteri kita yaitu :
1. Nada suara : berbicaralah dengan suara yang lembut, tanpa kekasaran.
2. Ekspresi wajah : Isteri sangat paham dengan bahsa tubuh, maka ekspresikan senyum di wajah kita saat berkomunikasi dengannya.
3. Tatap matanya : Kunci komunikasi intim ada pada hal ini! Jangan harap berkomunikasi dengan intim apabila didepan kita ada koran atau televisi.

Bapa di dalam nama Tuhan Yesus tolong berikan kepadaku jawaban-jawaban yang tepat dan jelas kepada isteriku ketika aku menanggapi dan menuntunnya. Jagalah mulutku dan angkatlah dari lidahku setiap kata kebencian, kata kasar dan kata menghakimi. Penuhilah mulutku dengan hikmatMu. Amin.