18 April 2011

Bila pencobaan itu datang

Yak 1:12 :"Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia.


Haleluya ! Mahkota kehidupan telah disediakan bagi kita semua yang tahan uji; yang dapat bertahan dan melepaskan diri dari pencobaan yang terjadi dalam kehidupan kita.
Pertanyaannya bagaimanakah caranya agar kita dapat bertahan dan menang atas pencobaan yang datang menerpa hidup kita?
Dari pengalaman yang Tuhan Yesus alami seperti yang tertera dalam Mat 4:1-11 paling tidak ada 5 hal yang dapat kita terapkan apabila kita menghadapi pencobaan :
  1. Carilah Firman Tuhan bagaimana dikatakan di dalamnya mengenai situasi yang semacam itu.
  2. Bacalah apa yang Tuhan katakan mengenai hal semacam itu di dalam Firman Tuhan, lalu renungkanlah Firman Tuhan baik-baik sampai Firman Tuhan betul-betul meresap di dalam jiwa dan roh kita.
  3. Kutiplah apa yang dikatakan Tuhan tentang hal itu di dalam FirmanNya dan katakan/ ucapkan dengan lantang kepada iblis.
  4. Belajarlah melatih diri untuk menahan diri dan menutup mulut.
    Jangan pernah berdebat dengan iblis; ucapkanlah saja Firman Tuhan, tanpa menambahkan kata-kata kita sendiri.
  5. Jangan mengalah terhadap godaan si iblis atau menyerah terhadap cobaan dari setan. Namun berserah dirilah kepada Tuhan dan tundukkanlah segala kemampuan kita kepada Tuhan, kemudian lawanlah iblis, maka ia akan lari darimu ( Yak 4:6,7)
Ingatlah sekali lagi bahwa yang harus melawan iblis dengan segala godaan dan cobaannya terhadap hidup kita adalah kita sendiri ( bukan pendeta anda, bukan pembimbing rohani anda); oleh karena itu marilah kita tiap-tiap hari selalu memperlengkapi diri dengan Firman Tuhan dan senantiasa waspada terhadap singa yang mengaum-aum mengelilingi kita.
Bapa di sorga terima kasih untuk hikmat yang Kau berikan, terima kasih atas petunjuk yang telah Engkau berikan kepadaku dalam menghadapi pencobaan dari si jahat. Aku mau mengakui satu hal dihadapanMu ya Bapa ya Abba; Engkau adalah Tuhan Allahku yang hidup yang telah memilihku, telah memanggilku kedalam kemuliaanMu, dan memberikan anugerah keselamatan dan hidup kekal selama-lamanya; oleh karena itu aku mau berserah penuh kepadaMu.
Siapakah yang berani menentangMu yang TUHAN Allah semesta alam, kepadaMulah kuberseru, kepadaMulah jiwaku berharap, kepadaMulah rohku memuji dan menyembahMu. Haleluya! Amin.