28 April 2011

Ujian bagi Kemurnian

Maz 7:10 :"Biarlah berakhir kejahatan orang fasik, tetapi teguhkanlah orang yang benar, Engkau, yang menguji hati dan batin orang, ya Allah yang adil."

Setiap orang yang hendak maju dalam kehidupannya, pekerjaan dan kehidupan pribadinya, maupun dalam pelayanannya kepada Tuhan akan mengalami ujian-ujian.
Definisi dari kata "Test" ( Ujian) yaitu sesuatu yang digunakan untuk membandingkan sesuatu untuk membuktikan kemurnian; juga dikatakan menguji adalah membandingkan dengan standar untuk membuktikan kebenaran atau kemurnian sesuatu dengan percobaan.
TUHAN Allah semesta alam mempunyai standar tertentu bagi tiap orang yang akan digunakan/ dipakaiNya bagi kemuliaanNya dan kita tiap-tiap orang percaya memang telah ditetapkan, dipanggil, dibenarkan dan dimuliakan; oleh karena itu kita telah ditakdirkan untuk menerima bagian kemuliaan yang telah disediakan olehNya.
Sebelum menerima kemuliaan tersebut Allah akan menguji kualitas kita, Ia akan memperlihatkan apakah yang ada di dalam diri kita melalui ujian-ujian itu (Yak 1:2-4).
Allah tidak terkesan dengan apa yang kita ketahui, ayat-ayat Firman Tuhan yang kita hafal ( pengetahuan dikepala kita ), Allah tidak terkesan dengan apa yang kita ucapkan ( seperti apa yang diucapkan Petrus bahwa ia tidak akan sekali-kali menyangkal Tuhan Yesus, Mat 26 : 33).
Allah akan menilai melalui ujian-ujian itu apakah yang kita lakukan selama masa ujian itu! Dia mencari hati orang yang jujur dan yang hidup sesuai dengan kehendakNya ( upright and in harmony with God ) dan ini diwujudkan dengan iman yang murni ( 1Pet 1:6,7).
Dan ketahuilah ujian yang paling mendatangkan kemuliaan yaitu pada waktu kita mendapatkan hinaan, penistaan oleh karena nama Kristus; oleh karena pada waktu itu Roh kemuliaan ada pada kita ( 1 Pet 4:14 ).

Bapa disorga kami mengakui bahwa dalam doa-doa kami seringkali kami berdoa agar Engkau menjauhkan pencobaan, ujian dari kehidupan kami; pada hari ini kami sadar bahwa kemuliaan yang kami terima setingkat dengan ujian yang kami alami, ajar kami untuk memahaminya Bapa walaupun hal ini sukar dan membuat hati kami tidak nyaman.

Kami sadar bahwa untuk kedewasaan dan kemajuan kami, kami membutuhkan ujian dan pencobaan dalam hidup kami, selidiki dan ujilah hati dan batin kami ya Bapa.
Roh Kudus tanpa kekuatan dariMu kami tidak akan sanggup menghadapi ujian, pencobaan pencobaan yang mendatangkan kemuliaan bagi kami; oleh karena itu kami mohon dalam nama Tuhan Yesus Kristus urapilah kami dengan kekuatan, penghiburan dan pertolongan dariMu. Amin.