01 April 2011

Mengasihi rekan waris kerajaan sorga

1Pet 3:7 : "Demikian juga kamu, hai suami-suami, hiduplah bijaksana dengan isterimu, sebagai kaum yang lebih lemah ! Hormatilah mereka sebagai teman pewaris dari kasih karunia, yaitu kehidupan, supaya doamu jangan terhalang".

Hiduplah bijaksana dengan isterimu dalam bahasa inggrisnya dwell with them with understanding. Understanding adalah kata yang lebih tepat karena merupakan terjemahan dari kata "gnosis" ( pengetahuan ).
Dalam kehidupan sehari-hari kita para suami wajib belajar memahami isteri kita. Memang tidak mudah, dan ini terbukti dari ungkapan : Wanita itu mistery seumur hidup bagi kaum pria.
Kita para suami sering berpikir telah melakukan segala hal bagi isterinya, namun seolah perbuatan, perhatian, penyerahan diri dari kita para suami tidak ada artinya sama sekali bagi isteri kita. Isteri tetap cemberut, marah-marah, sensitif dan cari2 masalah... Wow rasanya ada neraka di dunia !
Kuncinya adalah belajar memahami !! Kita para suami wajib belajar memahami isteri kita dari hal-hal yang kecil, yang sepele ( menurut kita, tapi tidak demikian buat isteri kita ).
Bentuk tindakan sederhana seperti usapan, pelukan, bisikan cinta ternyata cukup membuatnya nyaman, dan memberikan efek diperhatikan, dicintai dan dihormati.
Isteri kita tidak minta hal-hal mewah yang tidak mampu kita berikan, namun cukup hal-hal yang sederhana tadi. Bahaya kalau tidak dipenuhi karena bisa-bisa dia minta semuanya serba satu ; 1 pulau, 1 kota, 1 mall, 1 rumah mewah, 1 kapal pesiar, 1 mobil mewah.....dll dll dll
Ayo kita berlomba-lomba memahami dan menghormati isteri kita, hal ini tidak berarti membuat kita menjadi seperti lakon dalam sinetron"suami-suami takut isteri" ; namun kita sebagai kepala keluarga yang senantiasa wajib memberikan pemenuhan kebutuhan kepada isteri kita yaitu memperhatikan, menghormati, mencintai dan melindunginya.
Ya semua itu harus dilakukan agar doa kita tidak terhalang !! Dahsyat man !!
Saatnya untuk koreksi diri, mengapa akhir-akhir ini banyak proyek yang menguntungkan terlepas dari tangan kita para suami, hal yang sangatlah mungkin adalah doa kita terhalang ! Dan yang menjadi penghalang adalah hubungan kita dengan isteri kita!!

Oh Bapa lembutkanlah hatiku untuk selalu mau memahami dan menghormati isteriku, ajarku seperti Yesus Kristus yang sudah rela menyerahkan dirinya kepada mempelaiNya bahkan rela berkorban nyawa. Bapa biarlah otoritasku sebagai kepala keluargaku datang dari penundukan diriku kepadaMu. Dalam nama Tuhan ku, Yesus Kristus, amin.