15 April 2011

Menjadi Pemenang

1 Kor 9:26 : "Sebab itu aku tidak berlari tanpa tujuan dan aku bukan petinju yang sembarangan saja memukul"

Untuk menjalani hidup ini apalagi hidup yang telah Allah takdirkan kepada kita, maka kita harus menentukan tujuan hidup sebagai dasar pijakan untuk melangkah.
Tidaklah cukup dengan mengatakan hidup saya untuk memuji dan menyembah Tuhan, memuliakan namaNya... semua itu berkenan dihadapan Allah, namun kita harus belajar dari rasul Paulus yang berlari dengan suatu tujuan.
Paulus tidak cuma berjalan santai dalam pelayanannya kepada Tuhan Yesus Kristus, Paulus tidak sekedar berlari ditempat, namun dia berlari dengan satu tujuan yaitu mengejar mahkota yang abadi. Paulus mempunyai dasar berpijak yang kuat sehingga dia mampu berlari pada tujuannya.
Yang pertama adalah menentukan siapakah diri kita dan apa yang kita inginkan? Paulus menjadikan dirinya hamba bagi semua orang, supaya boleh memenangkan sebanyak mungkin orang ( 1Kor 9:19); bagaimana dengan kita?
Yang kedua Penegasan citra diri yang positif. Paulus menegaskan citra dirinya sebagai : Bagi semua orang aku telah menjadi segala-galanya ( 1Kor 9:22 ).
Apakah kita telah menegaskan citra diri kita sebagai seseorang yang sukses, berani, sehat, bersemangat, berintegritas?
Dan yang terakhir kita harus menentukan tujuan hidup yang kita inginkan dengan memakai kerangka SMART :
Spesific : Tentukan hasil yang diinginkan
Measureable : Cara untuk mengukur, mengevaluasi kemajuan yang didapat
Attainable : Tetap realistis dan terus memacu diri
Relevant : Nilai dari tujuan harus sesuai/ relevan dengan nilai yang kita miliki
Time driven : tentukan waktu yang spesifik untuk menyelesaikan pekerjaan/ kapan tujuan itu akan tercapai.

Bapa disorga ajarku agar smart dalam menjalani perlombaan untuk mengejar mahkota abadi yang Engkau sediakan. Roh Kudus bimbingku selalu dalam setiap tahap pencapaian dari tujuan kehidupanku. Dalam nama Yesus Tuhanku Amin!