16 Maret 2011

Children of light

Ef 5:9 :"Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang, karena terang hanya berbuahkan kebaikan dan keadilan dan kebenaran, dan ujilah apa yang berkenan kepada Tuhan."

Puji Tuhan kita yang dulu hidup di dalam kegelapan dosa dan kecemaran hidup, oleh kasih karuniaNya telah dipanggil untuk masuk ke dalam terangNya yang ajaib.
Penerimaan kita terhadap panggilan Tuhan ini pasti akan menimbulkan suatu kerinduan dalam diri kita untuk memberitakan perbuatanNya yang besar ( 1Pet 2:9 ).
Atas dasar kerinduan itulah kita dapat menjalani kehidupan sebagai anak-anak terang. Dari dasar hati kita yang penuh ucapan syukur itulah dapat kita hasilkan buah-buah hidup yaitu kebaikan, keadilan dan kebenaran.
Jadi yang terpenting bukanlah atas dasar perintah/kewajiban kita hidup sebagai anak-anak terang, namun dari dasar kerinduan dan ungkapan syukur kita menjalani kehidupan sebagai anak-anak terang.
Inilah yang disebut sadar ( kesadaran ), dan oleh banyak orang di masa "New Age" ini dikejar-kejar sebagai suatu tujuan yang hendak dicapai, yang disebut-sebut sebagai pencerahan ( enlightment ).

Puji Tuhan kita sudah dicerahkan olehNya, oleh karena kasih anugerahNya kita telah mengalami pencerahan, namun pencerahan itu bukan merupakan suatu titik, pencerahan hidup adalah merupakan suatu proses kehidupan.
Oleh karena itu dalam menjalani kehidupan sehari-hari kita perlu melengkapi kesadaran kita ini dengan bajuzirah iman dan kasih dan ketopong pengharapan keselamatan ( 1Tes 5:5,8 ), yang akan membuat kita hidup bersama sama dengan Tuhan ( communion=bersekutu/hubungan erat ).
Dengan demikian kita akan mengalami pembaharuan (Baca renungan tentang Metamorfosis : kita dapat membedakan manakah yang baik, yang berkenan dan yang sempurna sesuai kehendak Tuhan ), sehingga kita dapat menguji hal-hal yang berkenan kepada Tuhan.

Bapa disorga ajaiblah karyaMu padaku, Engkau merubahku dari anak kegelapan menjadi anak terang, sungguh kasih setiaMu tidak terkira...
Engkau memberikan kesempatan bagiku untuk hidup dalam terangMu yang ajaib, Roh Kudus aku mohon kepadaMu berilah kekuatan, keteguhan hati dan hikmat dalam menjalani hidupku sebagai anak-anak terang. Dalam nama Tuhan Yesus Kristus aku mohon doa ini. Amin.