01 Maret 2011

Pentingnya kekinian dalam hidup !

1 Kor 15:10 :"Tetapi karena kasih karunia Allah aku adalah sebagaimana aku ada sekarang, dan kasih karunia yang dianugerahkanNya kepadaku tidak sia-sia. Sebaliknya, aku telah bekerja lebih keras dari pada mereka semua; tetapi bukannya aku, melainkan kasih karunia Allah yang menyertai aku."

Paulus menyadari bahwa bukan usaha-usaha atau kekuatan manusiawinya sendirilah yang telah membuatnya sebagaimana ia ada, tetapi itu hanya kasih karunia Allah.
Kasih karunia Allah bukannya diberikan dengan maksud untuk diterima kemudian didiamkan saja, dibiarkan tidak dikembangkan; bukan itu maksud Tuhan memberikan keselamatan untuk kita. Dia menginginkan agar kita bertumbuh dan berkembang menjadi serupa dengan AnakNya yang Tunggal Tuhan kita Yesus Kristus; bahkan dikatakan pula bahwa Tuhan menghendaki agar kita menjadi mempelaiNya, sungguh luar biasa kehendakNya untuk kita.

Paulus memberikan teladan bagi kita bahwa keberadaannya saat itu tidak menyia-nyiakan kasih karunia Allah. Paulus bekerja dengan lebih keras dibandingkan yang lain, namun dia sama sekali tidak menyombongkan diri atas hasil jerih upaya yang dia lakukan, namun dengan rendah hati mau mengakui bahwa TUHAN senatiasa turut campur dalam setiap langkah kehidupannya; bahwa atas kasih karunia Tuhanlah dia boleh sebagaimana ia ada saat itu.

Firman Tuhan juga mengingatkan kepada kita agar kita selalu hidup pada masa SEKARANG, bukan pada masa lalu maupun masa depan. Jadilah diri anda sebagaimana anda ada sekarang !
Dengan hidup pada masa SEKARANG, maka kita senantiasa dapat bersyukur atas kasih karunia Tuhan yang menyertai kita sampai pada saat ini.
Dengan hidup pada masa SEKARANG, maka kita tidak akan menjadi sombong, membanggakan diri atas segala kemampuan kita, atas segala hasil jerih payah kita; namun kita akan senantiasa mengakui bahwa Tuhan selalu turut campur tangan dalam setiap aspek kehidupan kita.

Bapa di sorga, sungguh kami bersyukur atas kasih karuniaMu yang senantiasa menyertai kami sampai saat ini. Oleh kasih karuniaMu itulah kami adalah sebagaimana kami ada sekarang. Dalam penyerataanMu itu kami menyadari ada maksud tujuan yang mulia atas diri kami. Oleh karena itu Bapa kami mau menyikapi kasih karuniaMu ini dengan mengembangkan dan bertumbuh ke arahMu, menjadi serupa denganMu; untuk itu kami membutuhkan penyingkapan-penyingkapan dariMu atas bidang-bidang kehidupan kami yang perlu dirubah, diperbaharui dan disempurnakan.
Dalam nama Tuhan Yesus Kristus kami mohon kabulkanlah doa kami ini. Amin.