18 Maret 2011

Roh Ketakutan vs Roh Kekuatan

2 Tim 1:7 :"Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban."

Ketakutan adalah musuh utama manusia; roh ini mendatangkan ketidak berdayaan bagi manusia, roh ini mendatangkan ketidak tenangan, bahkan kehancuran bagi banyak orang.
Roh ini ada diurutan kedua setelah roh keserakahan. ( Renungkan proses dan urutan peristiwa kejatuhan Adam & Hawa kedalam dosa ).
Sungguh roh ketakutan ini sangat bersifat destruktif bagi manusia; bagi siapa saja yang membuka diri bagi roh ketakutan akan menuai kehancuran.

Puji Tuhan! Tuhan Yesus datang dismaping menyelamatkan kita, Dia datang untuk membebaskan kita dari kuasa roh ini pula; dan sebagai gantinya Tuhan memberikan kepada kita roh yang membangkitkan kekuatan. Di dalam Dia kita akan kuat menanggung segala sesuatu yang terjadi dalam dunia ini. (Flp 4:13)

Rasa takut ini bukan datang dari dalam diri kita ( manusia bathiniah ), namun datang dari sebelah luar diri kita ( kedagingan kita).
Oleh karena itu kitalah yang harus bersikap menolak rasa takut apabila ia datang kepada kita. Kitalah yang dapat memilih roh apa yang akan menguasai diri kita; apakah itu roh ketakutan ataukah roh kekuatan, kasih dan ketertiban yang telah disediakan dan diberikan kepada kita.
Sekarang juga mari kita lakukan peng"aku"an terhadap apa yang sudah menjadi milik kita dan sekaranglah waktunya bagi kita untuk membuang jauh-jauh roh ketakutan itu dari kehidupan kita.
Tuhan berkenan kepada anak-anakNya yang menjalankan FirmanNya, yang percaya kepadaNya.

Bapa disorga ampuni dosa kami yang seringkali meragukan kemampuanMu dalam menyelamatkan kami dari situasi-situasi yang menghimpit, kondisi yang membuat kami merasa menemukan jalan buntu. Hari ini kami menyatakan melawan dan membuang roh ketakutan dari hidup kami, dan menggantikannya dengan roh yang telah Engkau berikan kepada kami yaitu roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban. Kami mau hidup sesuai FirmanMu. Haleluya ! Dalam nama Tuhan Yesus kami menyatakan kemenangan kami atas ketakutan dan demi nama di atas segala nama itu pula kami mempersembahkan ucapan syukur kami. Amin.