17 Maret 2011

Makanan Rohani

Ul 8:3 :"Ia (Allah) merendahkan hatimu, membiarkan engkau lapar... dan memberi engkau makan manna, untuk membuat engkau mengerti, bahwa manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi manusia hidup dari segala yang diucapkan TUHAN."

Bagi orang-orang yang belum hidup dalam Tuhan, maka pikir mereka yang membuat mereka hidup sehat adalah makanan bergizi, olah raga teratur dan tidur yang cukup.
Namun jika mereka mau jujur dan mawas diri, maka mereka akan mengakui bahwa walaupun mereka tidak kekurangan makanan yang lezat, tidak kurang berolah raga, tidak kurang tidur, namun mereka harus mengakui bahwa dalam hati mereka terdapat suatu kehampaan, kekosongan, ampang.
Kekosongan ini hanya dapat dengan makanan rohani yaitu Firman Tuhan, dengan kasih dan kebenaran Tuhan.
Bahkan bagi orang yang sudah hidup dalam Tuhanpun akan mengalami kehampaan apabila mereka lalai bersaat teduh, berdoa dan meresapi Firman Tuhan tiap-tiap hari.
Kehampaan ini akan membuat kita merasa tidak tenang, membuat kita merasa "kering" dan yang patut diwaspadai kekosongan ini membuka pintu bagi pencobaan!
Ada kuasa dalam Firman Tuhan ! Kuasa yang membawa kemenangan bagi kita, kuasa untuk membawa kita kepada kehidupan yang berarti.
Marilah kita memberikan asupan yang bergizi bagi manusia rohaniah kita dengan Firman Tuhan tiap-tiap hari.
Roh Kudus akan memberikan Firman yang khusus bagi kita ( rhema ) jika kita memintanya dan bersungguh-sungguh dalam merenungkan Firman Tuhan.

Bapa disorga kami membutuhkan rhemaMu tiap-tiap hari agar supaya manusia bathiniah kami diperbaharui tiap-tiap hari, agar dari sana memancar kasihMu kepada tiap orang disekeliling kami. FirmanMu menghidupkan, menghibur, membangkitkan, menggerakkan... Terima kasih Bapa Engkau sungguh baik. Amin.