14 Maret 2011

Walk in the Spirit

Gal 5:16, 25 : Maksudku adalah : hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging. Jikalau kita hidup oleh Roh baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh."

Bila Kristus ada di dalam kita, maka adalah sangat wajar bila kita mempunyai sifat-sifatNya. Sangat wajar bila hidup kita mencerminkan Dia yang ada di dalam diri kita.Sebaliknya, sangat tidak wajar bila orang Kristen tidak mempunyai sifat-sifat Kristus, namun hidupnya bercirikan keinginan daging, menuruti hawa nafsu, dorongan emosi, bukannya menuruti bimbingan Roh Kudus.

Ada banyak orang yang ingin mempunyai sifat-sifat Yesus dengan jalan berusaha meniru Dia dengan kekuatan dan usahanya sendiri. Mereka mempelajari sifat-sifat Yesus : mengasihi, berbelas kasihan, lemah lembut; akan tetapi mengapa tidak ada perubahan dalam kehidupan mereka?
Karena caranya salah! Sia-sialah kalau kita berusaha meniru sifat-sifat Yesus, usaha seperti itu hanya seperti sandiwara atau pura-pura saja atau seperti orang yang membangun di atas pasir, begitu ada gelombang datang menerjang bangunannya hilang tak berbekas.

Hidup dalam Roh adalah hidup yang didasarkan pada pimpinan Roh dalam setiap langkah kita.Ini berarti kita mengijinkan kuasa Kristus bekerja di dalam hidup kita.
Mengijinkan berarti memberikan wewenang sepenuhnya kepadaNya untuk mengambil alih kendali atas hidup kita.
Memberikan wewenang untuk mengambil alih berarti adanya penundukkan diri kepada pribadi lain yaitu Yesus Kristus.
Penundukkan diri selalu dimulai dengan kerendahan hati dan ketulusan.
Apakah kita sudah merendahkan hati kita dihadapanNya dengan tulus?
Mari kita berdiam diri merenungkannya dan kemudian mengambil sikap terhadap Firman Tuhan.

Bapa selidikilah hatiku, ujilah aku apakah ada kerendahan hati yang tulus untukMu. Bapa telitilah rohku, ujilah aku apakah RohMu telah mempimpinku untuk hidup menurut kehendakMu yang sempurna.Ampunilah kelemahanku ya Abba ya Bapa.Kuserahkan kelemahanku kepadaMu, rubahlah untuk kemuliaanMu. Hanya bagiMulah segala hormat, pujian, hormat dan kemuliaan sekarang dan sampai selama-lamanya. Demi nama Tuhan Yesus Kristus aku menyerahkan diriku kepadaMu. Amin.