12 Maret 2011

Kriteria Pemimpin Bangsa

Maz 15:1 :"TUHAN, siapa yang boleh menumpang dalam kemahMu? Siapa yang boleh diam di gunungMu yang kudus?"

Seorang pemimpin menurut falsafah orang Jawa jika ia berada di depan ia akan memberikan teladan, jika ia berada ditengah-tengah orang yang dipimpinnya, maka ia akan membangun semangat dan memberikan motivasi, sedangkan jika ia telah memberikan wewenang kepada bawahannya, maka dibelakang ia akan mengawasi dan senantiasa menopang jika terjadi hal yang tidak diinginkan. ( Ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani).

Firman Tuhan melalui raja Daud ( raja yang diurapi luar biasa oleh Tuhan ) mengatakan bahwa terdapat 11 kriteria yang wajib dipenuhi oleh setiap orang yang mau menjadi pemimpin suatu bangsa ( bidang legislatif, eksekutif maupun yudisial ); dan jika 11 kriteria ini dipenuhi maka ia tidak akan goyah selama-lamanya.
Inilah 11 kriteria tersebut :

1. tidak bercela tingkah lakunya
2. adil
3. mengatakan kebenaran dengan segenap hatinya
4. tidak menyebarkan fitnah dengan lidahnya
5. tidak berbuat jahat terhadap temannya
6. tidak menimpakan cela kepada tetangganya
7. tidak memandang hina orang yang tersingkir
8. memuliakan orang yang takut akan TUHAN
9. berpegang pada sumpah walaupun rugi
10. tidak meminjamkan uang dengan memakan riba
11. tidak menerima suap melawan orang yang tidak bersalah

Bapa di sorga aku berdoa meminta kepadaMu kirimkanlah orang-orang pilihanMu untuk memimpin bangsaku yang tercinta ini, biarlah bangsa Indonesia berkenan dihadapanMu. Bapa di sorga aku meminta dalam nama Tuhan Yesus Kristus selamatkan bangsa Indonesia, berikanlah damai sejahtera atas bangsaku ini. Dan biarlah murkaMu jatuh pada orang-orang yang menganggap dirinya pemimpin, namun hanya mementingkan nafsunya sendiri; pangkaslah orang-orang yang tidak mempunyai kriteria untuk memimpin negeri ini, goyahkanlah kursi jabatan mereka. Demi nama Tuhan Yesus Kristus aku naikkan dan mohon kabulkan doa ini. Terjadilah kehendakMu. Amin.