06 Maret 2011

Hati Nurani

Ibrani 9:14 : "... betapa lebihnya darah Kristus, yang oleh Roh yang kekal telah mempersembahkan diri-Nya sendiri kepada Allah sebagai persembahan yang tak bercacat, akan menyucikan hati nurani kita dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, supaya kita dapat beribadah kepada Allah yang hidup."

Betapa penting fungsi hati nurani yang bersih dalam kehidupan kekristenan seseorang; sebab di masa akhir jaman banyak orang murtad oleh karena hati nuraninya dipengaruhi roh-roh penyesat yang memperdaya mereka dengan ajaran-ajaran setan (1 Tim 4:1-2).
Daudpun dalam hidupnya pada waktu malam hari selalu belajar dari Allah dan mendengarkan nasehat-nasehatNya melalui hati nuraninya (Maz 16:7).
Demikian pula rasul Paulus senantiasa berusaha untuk hidup dengan hati nurani yang murni di hadapan Allah dan manusia. (Kis 24:16).

Hati nurani yang bersih dan murni perlu senantiasa dijaga seumur hidup kita, setiap waktu kita perlu minta kepada Tuhan agar hati nurani kita disucikan dengan darahNya, dibersihkan dari hal-hal yang jahat agar kita layak menghadap dihadiratNya yang kudus.
Senantiasa luangkanlah waktu untuk mendengarkan suara hati nurani anda yang telah dimurnikan oleh Tuhan, karena inilah saluran yang paling sering digunakan oleh Tuhan untuk berbicara kepada kita, untuk menasehati kita.

Bapa disorga FirmanMu hari ini sungguh dalam maknanya dan mengandung rahasia atau misteri bagi kami; oleh karena itu kami mohon di dalam nama Tuhan Yesus Kristus sucikanlah hati nurani kita dari hal-hal yang jahat, basuhlah dan murnikanlah hati nurani kami agar Engkau dapat menggunakannya sebagai saluran komunikasi antara Engkau dengan kami, ya Bapa.
Kami mau senantiasa bersekutu dan berkomunikasi denangMu, Bapa.
Haleluya. Amin.